Kuliah Umum 2018 “menjadi Peneliti yang Bijak melalui Penelitian Pendekatan Design Research dan Pendekatan Kualitatif

Aula Gedung Pusat Lantai 7 Universitas PGRI Semarang pada hari kamis 29 Maret 2018 mendadak riuh karena terselenggara kegiatan Kuliah Umum Metodologi Penelitian dengan Tema Menjadi Peneliti yang Bijak melalui Penelitian Pendekatan Desain Research dan Pendekatan Kualitatif dengan mengundang dua pakar sebagai keynote speaker, yang pertama Dr. Rully Charitas Indra Prahmana, S.Si., M.Pd dengan menyajikan Pendekatan Desain Research dan Prof. Dr. A.Y. Soegeng, Ysh, M.Pd dengan menyajikan Pendekatan Kualitatif.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam penyusunan tugas akhir berupa karya ilmiah dalam bentuk laporan skripsi, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa PGSD khususnya tentang trend penelitian saat ini.

Desain Research merupakan paradigma baru dalam penelitian pengembangan dimana dalam pengembangannya melalui tiga tahapan yaitu tahap preliminary Design(Desain Pendahuluan), Design Experiment (percobaan Desain), Retrospective Analysis(Analisis Retrospektif). lebih jauh lagi Dr. Rully menjelaskan produk-produk yang mungkin bisa dikembangkan dalam pembelajaran. sementara Prof. Soegeng memaparkan tentang penelitian kualitatif fokus pada maslaah-masalah penelitian dan teknik analisis data.

kegiatan yang diikuti oleh 476 peserta dan 72 dosen pembimbing ini diharapkan mamapu membekali mahasiswa wawasan yang cukup sehingga diharapkan dapat lulus tepat waktu.

Leave us a Comment

paykasa bozdurma